Earth in Our Hands (Acid Rain)

Selamat siang Ayah dan Bunda!

Salah satu cara mengajarkan anak bersyukur adalah dengan mencintai tempat dimana ia tinggal. Dimana lagi kalau bukan di bumi? Sejak dini tentu sebagai orangtua harus mengajarkan anak bagaimana cara menyayangi dan merawat bumi agar tetap dapat ditempati untuk jangka waktu yang lama. Bagaimana cara mengajari anak? Intip yuk tipsnya!

Kegiatan yang bisa dilakukan salah satunya adalah memberitahukan anak tentang efek samping dari hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan pengikisan pada bangunan dan menghancurkan tumbuhan serta hewan. Demonstrasikan pada anak efek tersebut dengan menggunakan kapur disebuah gelas yang mengandung asam cuka. Beritahukan bahwa asam cuka disini diibaratkan sebagai hujan asam.

Material yang perlu disiapkan: 2 tanaman kecil, air, asam cuka, 2 plastik

Langkah 1: campurkan 3 gelas air dan 1 gelas cuka didalam sebuah plastik, namakan “hujan asam”

Langkah 2: isi plastic yang lain dengan 4 gelas air =, namakan “air”

Langkah 3: namakan masing-masing tanaman “hujan asam” dan “air”

Langkah 4: sirami tiap tanaman setiap 3 hari dalam 2 minggu, menggunakan cairan sesuai dengan plastik yang sudah dinamai

Langkah 5: diakhir 2 minggu, perlihatkan anak apa yang terjadi pada tanaman yang disirami “hujan aam” dan “air”. Tanyakan apa perbedaannya dan apa yang terjadi jika selama beberapa minggu terjadi hujan asam.

Tanaman yang menerima cuka, daunnya lama kelamaan akan berubah menjadi cokelat dan mati. Sedangkan tumbuhan yang disirami air akan sehat dan kuat.

Bagaimana Ayah dan Bunda? Seru bukan mengajak si kecil mencintai bumi?.

Sumber: The Big Book of Monthly Ideas Grades 4-6 (Karen A. Brudnak).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *