Identifikasi Tempramen Si Kecil

Hai Ayah dan Bunda!

Berdasarkan buku The Comprehensive Preschool Curriculum (2004), sejak lahir setiap anak diberkahi oleh jenis tempramen yang berbeda, terlepas dari sifat bawaan biologis, lingkungan,orangtua dan budaya yang tumbuh bersama mereka. Tempramen adalah kepribadian anak yang membimbing serta membentuk pendekatan mereka terhadap dunia. Tempramen dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

  1. The Flexible Child

Anak yang lahir dengan tempramen jenis ini cenderung memiliki pendekatan yang fleksibel dengan dunianya. Ia mudah beradaptasi di lingkungan baru, tidak terlalu sensitif dan meminta perhatian, serta memiliki mood yang ceria.

  1. The Fearful Child

Anak dengan tempramen ini cenderung menghindari sesuatu yang baru di sekitarnya. Sifat mereka yang hati-hati membuat para orang dewasa harus menggunakan cara perlahan untuk melakukan pendekatan. Biarkan anak dengan tempramen ini mengobservasi keadaan sekitar sebelum mulai mendekatinya.

  1. The Feisty Child

Sangat aktif dan tidak memiliki ritme yang berurutan adalah ciri-ciri anak dengan tempramen ini. Mereka cenderung bersemangat dalam segala hal, mudah terdistraksi, moody, dan sensitif. Terkadang mereka lebih memilih berlari daripada berjalan. Sruktur perencanaan yang tepat dapat membantu anak dalam menyusun pola pikirnya yang cenderung didorong oleh sifat impulsif.

Tempramen bersifat relatif stabil, namun ini bukanlah sesuatu yang tidak dapat diubah. Temparemen bawaan dapat dipengaruhi oleh pengalaman yang dirasakan langsung oleh si kecil, seperti contoh seorang anak dengan tempramen hati-hati, dengan bantuan dari orang dewasa yang peduli akan mereka, dapat beradaptasi lebih mudah dengan lingkungan baru. Begitupun dengan anak dengan tempramen feisty , mereka akan lebih bisa mengatur serta mengontrol perasaan impulsif mereka dengan penanganan yang tepat. Anak dengan tempramen flexible akan belajar tentang cara meminta tolong serta perhatian yang ia butuhkan dari oranglain. Kejelian orangtua dalam merencanakan pola asuh akan membantu si kecil dalam beradaptasi dengan tempramennya masing-masing.

Sumber: The Comprehensive Preschool Curriculum (2004)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *