Yuk Mengenal Permainan Sensori Lebih Jauh

Apakah Ayah dan Bunda tahu apa itu permainan sensori?

Dilansir dari Goodstart Early Learning, sejak lahir hingga usia dini, anak-anak menggunakan indranya untuk mengenal dunia sekitar. Mereka menggunakan sentuhan,pengecapan, penciuman, penglihatan, pergerakan, serta pendengaran. Menurut terapis okupasi senior, Sally Fitzgerald, ia mengatakan bahwa memberi kesempatan kepada anak untuk aktif menggunakan indra mereka saat menjelajahi dunia melalui ‘permainan sensorik’ sangat penting untuk perkembangan otak; membantu membangun koneksi saraf di otak. Permainan sensori memfasilitasi eksplorasi anak, dan secara alami mendorong anak untuk menggunakan proses ilmiah saat mereka bermain, mencipta, menyelidiki dan mengeksplorasi. Namun, ada dua komponen yang kadang terlupakan sebagaiĀ  bagian dari Permainan Sensori, dua komponen itu adalah Kesadaran Tubuh (Body Awareness) serta Keseimbangan (Balance). Kesadaran tubuh, atau yang dikenal juga sebagai proprioception, merupakan sinyal balik yang diberikan oleh otak melalui reseptor peregangan di otot dan sendi, sehingga memberikan kesadaran di mana tubuh berada dalam suatu ruang. Sedangkan Keseimbangan adalah stimulasi sistem vestibular tubuh yang berkaitan dengan daya gravitasi. Berikut rangkaian ide Permainan Sensori:

  1. Menjiplak bentuk menggunakan kuas

Pengalaman ini menstimulasi kemampuan anak-anak untuk menemukan dan mengidentifikasi bentuk, ukuran dan warna saat mereka menggunakan kuas cat dengan air. Kegiatan ini juga melatih genggaman serta koordinasi mata anak.

  1. Mensortir benda menggunakan pencapit

Bisakah si kecil menggunakan penjepit untuk menyortir barang-barang kecil ke dalam wadah-wadah? Kegiatan ini mengasah beberapa keterampilan,diantaranya Motorik Halus dan Matematika Dasar tentang klasifikasi dan pengkaterogian.

Yuk, mulai coba kegiatan Motorik Halus untuk si kecil!

Sumber: goodstart.org.au

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *