PENTINGKAH MENGENALKAN BAHASA ASING PADA ANAK USIA DINI?

Bunda, tahukah jika kemampuan berbahasa ialah aset terpenting bagi anak di masa depan? Sebab, kemampuannya berbahasa dapat menentukan perkembangan konginitif di kemudian hari. Tahap perkembangan bahasa dimulai sejak tahap pralinguistik, dimana anak mulai mengenal bahasa sejak bayi lalu berlanjut hingga tahap kompetensi (dewasa). Usia golden age (0-6 tahun) merupakan saat dimana perkembangan bahasa anak akan mengalami kemajuan pesat. Pada usia inilah biasanya kemampuan bahasa pertama anak sudah semakin matang dan dapat mulai diperkenalkan dengan bahasa asing. Oleh karena itu, ada baiknya jika anak mulai dikenalkan dengan bahasa asing sejak usia dini. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan

Cara Memperkenalkan Bahasa Inggris pada Anak

  1. Memastikan suasana ruangan tempat anak melaksanakan pembelajaran adalah tempat yang nyaman. Serta juga harus diperhatikan bahwa materi yang diberikan tidak monoton, sehingga anak tidak dengan mudah merasa bosan
  2. Menggunakan fasilitas Internet sebagai media pembelajaran yang menarik, seperti pengadaan game-game edukasi, aplikasi pendukung pembelajaran, dll.
  3. Musik-musik berbahasa Inggris juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang sesuai dengan psikologi anak. Sebagai tahap awal, anak dapat diberikan musik anak-anak seperti twinkle little star, dan lain sebagainya. Yang dengannya anak secara otomatis akan mengikuti serta menghafal lagu tersebut. Hal ini sangat efektif dalam membangun kesesuaian pronounciationbahasa dalam diri anak.
  4. Orang tua juga dapat menjadikan film-film animasi sebagai sarana untuk memikat minat anak dalam mempelajari bahasa Inggris. Warna yang complex serta pronounciationyang sesuai dapat mengasah kemampuan anak dalam menguasai kosa kata serta kaidah dalam bahasa Inggris. Dapat dimulai dengan film animasi standar yang sesuai seperti Dora the Explorer, dll.
  5. Grammar merupakan sesuatu yang rumit bagi anak, sehingga banyak orang tua yang mengeluh saat mengajari anaknya perihal grammar. Namun alangkah mudahnya bagi orang tua jika ingin mengajari anak mengenai grammar dengan memperkenalkan lagu-lagu anak yang mengandung unsur grammatikal yang kuat. Seperti dalam lagu berikut ini

“One and one I love my mother

Two and two I love my father

Three and three I love brother sister

One and two and three I love them together”

Lagu diatas mengandung unsur grammar simple present tense sebab mengandung unsur ‘general truth’. Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk pertama atau yang disebut dengan Verb1. Seraya menyanyikan lagu ini, para orang tua dapat melakukan penekanan lagu disisi kata kerjanya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan perihal present tense tersebut sambil bernyanyi, sehingga anak tidak mudah bosan.

Mungkin memang agak sulit mengajarkan kepada anak bahasa Inggris yang merupakan bahasa kedua bagi mereka selain bahasa Ibu (red. Indonesia), hal itu juga sangat dipengaruhi oleh tempat dan lingkungan yang ia tinggali tidak menggunakan bahasa Inggris sehari-harinya. Berbeda dengan anak-anak yang tinggal di kawasan berbahasa Inggris seperti anak Indonesia yang menetap sementara di Amerika atau Australia. Mereka tinggal di lingkungan yang memang menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi (English Speaking Environment).

Keuntungan Mempelajari Bahasa Inggris Sejak Kecil

Dalam mempelajari bahasa Inggris tidak hanya dapat dilakukan di sekolah saja, namun juga dapat di laksanakan di rumah oleh orang tua. Orang tua merupakan faktor internal yang sangat penting dan urgen dalam memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak mereka sejak dini. Namun perlu diingat bahwa dalam menyampaikan materi pembelajaran pada anak haruslah melalui metode yang benar sehingga anak tertarik untuk mempelajarinya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris di rumah.

Bahasa inggris merupakan pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di dunia, termasuk di Indonesia. Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan akan tekhnologi. Jika kita melihat disekeliling kita, dapat dipastikan bahwa sudah 90% perangkat teknologi yang kita miliki berbasis bahasa inggris seperti Gadget, komputer, dll.

Dahulu para pelajar menganggap bahasa inggris merupakan mata pelajaran yang sulit dan sukar untuk dipahami. Akan tetapi kebutuhan akan teknologi yang kian mendesak masyarakat untuk menguasai bahasa Inggris menyebabkan banyak lembaga pendidikan formal (sekolah, universitas, dll) maupun non formal (english course, pelatihan bahasa Inggris, dll) yang bertransformasi menjadi lembaga yang berbasis bahasa Inggris untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Bahasa Inggris yang dulunya hanya dipelajari di tingkat SMP atau Junior High School, kini sudah di pelajari di tingkat SD (Secondary School), bahkan di tingkat TK (Play Group), walau pendidikan bahasa inggris di tingkat Play group ini masih dengan metode pembelajaran sambil bermain.

Pada era globalisasi ini kita ditantang untuk melakukan adaptasi perkembangan zaman, sebuah tatanan yang diterima secara umum di masyarakat dunia. Hal tersebut tidak dapat kita abaikan saja dan menolak untuk mempelajari bahasa Inggris. Mungkin memang benar bahwa kita tetap bisa hidup tanpa perlu mempelajari bahasa Inggris namun pada hakikatnya, kita sebagai individu yang hidup dalam arus globalisasi yang mengharuskan kita untuk ikut serta dalam gelombang kehidupan yang terus maju.

Namun bukan berarti sulit bagi anak untuk mempelajari bahasa Inggris jika tidak tinggal di lingkungan seperti itu. Sebagai orang tua, mereka dapat memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak dini, sebab pada saat tersebut anak dapat menangkap pembelajaran dengan cepat dan cermat sebagaimana yang dijelaskan diatas tadi.

Jadi, penjalasan di atas adalah tentang seberapa pentingnya belajar Bahasa Inggris bagi anak dan bagaimana orang tua harus memperkenalkan Bahasa Inggris sejak usia dini. Juga, terdapat banyak sekali manfaat belajar Bahasa Inggris sejak dini. Pada dasarnya, kemampuan anak untuk menyerap informasi dan pengetahuan dalam usia dini lebih cepat dan pintar. Jadi, ada baiknya untuk memperkenalkan bahasa asing pada mereka sejak usia dini agar mereka tumbuh besar menjadi anak yang cerdas.

Sumber:

Zacky. (2017). 25 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini. Diakses dari https://azbahasainggris.com/manfaat-belajar-bahasa-inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *