Pentingnya Ketahui Tahapan Tumbuh Kembang Anak dan Cara Stimulasinya

“Saya mengajarkan dia berdiri dan mulai meniti langkah saat usianya 9 bulan, apakah terlalu cepat?”

Pernahkah Ayah dan Bunda bertanya-tanya tentang tahapan perkembangan anak seperti pertanyaan di atas?

Kadang si kecil tumbuh dan berkembang dengan cepat, tapi tanpa disadari ada beberapa tahapan yang terlewati. Lalu bagaimana ya mengetahui tahapan perkembangan anak yang baik?

Tahap tumbuh kembang, atau developmental milestones adalah titik panduan bagi kita untuk memahami sudah sampai tahap mana si kecil berada, dan apakah ia sudah mengalami kemajuan belajar yang semestinya (Majalah Parenting, edisi Oktober 2011). Secara umum, tahapan perkembangan anak dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu perkembangan berpikir atau berbahasa, perkembangan fisik/motorik/sensorik, dan perkembangan emosional/sosial.

Bagi ayah dan bunda yang memiliki si kecil dengan usia 0-2 bulan, mungkin sudah akrab dengan tangisannya. Tapi apakah ayah dan bunda paham makna dari tangisan tersebut? Karena pada usia tersebut, si kecil sudah mampu menangis dengan cara yang berbeda ketika lapar, mengantuk, dan kesakitan. Lalu bagaimana dengan fokus si kecil ketika memandang orang lain? Apakah si kecil sudah bisa memandang wajah orang lain lebih lama daripada objek atau mainan?

Tidak sedikit orangtua yang belum paham akan tahapan perkembangan anak sehingga perkembangan tersebut tidak utuh terlewati dengan baik sesuai dengan tahapannya. Lalu apa saja yang perlu diketahui orangtua mengenai perkembangan anak? Apa yang dapat orangtua lakukan untuk menstimulasi perkembangan tersebut?

Yuk ikut seminar “Mengenali Tahapan Perkembangan Anak dan Cara Menstimulasinya”. Kidzmotion Learning center mengadakan seminar ini untuk para orangtua, praktisi pendidikan anak, dan siapa saja yang ingin belajar bersama. Acaranya diadakan tanggal 19 Agustus 2017 pukul 09.00 pagi di Favehotel Kemang.

Silakan daftar ke 0878-8586-0561 ya! Tempat terbatas lho 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *