Ciri-ciri dan Penanganan Dini Gangguan Disleksia Pada Anak

Anda mencari tempat penanganan Disleksia di Jakarta? Hub 087885860561 / 0895351043367 Kami memberikan layanan pemeriksaan psikologi anak, konsultasi dan penanganan kesulitan belajar di Jakarta dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Kami menangani anak dengan hambatan belajar (ADD, Disleksia, Borderline, dll) dan anak dengan hambatan tumbuh kembang (speech delay, global delay devolepment)

Anak dengan hambatan belajar sering kali dibilang bodoh atau nakal. Padahal sebenarnya mereka adalah anak-anak dengan intelegensia tinggi. Oleh karena itu kita perlu mengenali hambatan belajar anak agar dapat ditangani sedini mungkin. Salah satu hambatan belajar yang sedang naik daun adalah Disleksia.

Apa itu Disleksia?

Disleksia adalah sebuah gangguan perkembangan baca-tulis ditandai dengan kesulitan membaca dengan lancar dan kesulitan dalam memahami bacaan. Tidak ada perbedaan ciri fisik yang dapat diamati dari penderita Disleksia.

Bagaimana ciri-ciri Disleksia?

Anak dengan gangguan Disleksia biasanya menunjukan ciri-ciri seperti di bawah ini:

  1. Anak dengan gangguan Disleksia biasanya perlu membaca berulang-ulang untuk memahami makna yang sebenarnya.
  2. Membaca memakan banyak energi bagi mereka sehingga mereka sulit mengingat apa yang mereka baru baca.
  3. Sebagian besar dari mereka cenderung kehilangan kata-kata karena tidak tepat dalam membaca. Setelah yang mereka baca hilang, mereka harus mulai dari awal lagi.
  4. Kesulitan memahami kosa kata baru dan asing.
  5. Pada beberapa anak, mereka kesulitan membaca di atas kertas putih terang
  6. Memori jangka pendek dan masalah pemrosesan visual membuat menulis sangat sulit untuk mereka. Sering kali tulisan mereka menjadi terbalik-balik.
  7. Sering salah dalam mengucapkan kata-kata panjang, gagap saat berbicara yang mengarah, frase putus-putus, kalimat tidak lengkap, bahkan sering gagal mengkonversi pikiran mereka menjadi kalimat.

 

Bagaimana cara membantu anak dengan Disleksia?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, diantaranya:

  1. Memahami keadaan anak, jangan membandingkan dia dengan anak yang lain. Jangan menekan anak dengan memberi latihan-latihan yang berat.
  2. Membangun lingkungan yang kondusif dan menyenangkan agar anak lebih tertarik untuk bisa membaca.
  3. Mencari bantuan professional seperti psikolog anak dan guru pendidikan khusus agar dapat menolong anak lebih maksimal.

Untuk info lebih lanjut hubungi:

Kidzmotion Learning Center
where learning can be fun
Jl. Benda Gg. Masjid Al-Akhyar no. 37, Kemang Selatan
087885860561 / 0895351943367
kidzmotion.center@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *